Honda Beat FI

Honda Beat FI  merupakan salah satu motor keluaran honda yang cukup digemari masyrakat indonesia . motor ini memiliki desain yang terlihat simpel namun tetap memiliki kesan modis dan futuristik. Dibandingkan dengan pendahulunya yaitu honda vario, motor honda beat fi ini memiliki ukuran body yang lebih ramping. Tapi justru karena kerampingannya itulah motor honda beat ini mampu melaju dengan sangat gesit, lincah dan tetap irit tentunya.

Bagian depan motor dihiasi dengan satu lampu utama dengan lampu sein yang modern. Menariknya, letak lampu utama tidak berada di bagian kepala motor namun terletak dibagian bawah menyatu bersama dengan kedua lampu seinnya. Hebatnya lagi, bagian kepala tidak dibiarkan polos begitu saja, tapi di beri sebuah Visor berbahan acrylic yang tahan panas sehingga motor ini terkesan semakin keren dan mewah.

Honda membekali matic besutannya ini dengan mesin canggih berkapasitas 110 cc, teknologi OHC / SOHC ( single overhead camshaft ), 4 langkah dengan sistem pendinginan berupa udara yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 6,27 kW (8,52PS) / 8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 8,68 Nm (0,89kgfm) / 6000 rpm. Yang tak boleh ketinggalan, skuter matic ini telah menggunakan teknologi injeksi canggih dari honda yakni PGM-FI sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan juga emisi yang dihasilkan ramah terhadap lingkungan.  Konsumsi bahan bahan honda beat sendiri adalah mencapai 47,5 km/liternya, sedangkan top speed alias kecepatan maksimalnya mencapai 122 km/jam.

Selain performa yang tinggi, honda beat fi ini juga menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya terbukti dengan digunakannya tempat duduk alias jok yang empuk dengan posisi yang agak rendah sehingga pengendara maupun pembonceng bisa tetap nyaman ketika berkendara dengan motor ini. Selain itu terdapat juga pijakan kaki yang luas dan nyaman sehingga kaki pengendara tidak cepat pegal saat berkendara.

Untuk mendukung aktivitas pengendara sehari-hari, skuter ini dilengkapi dengan tempat penampungan ( rak ) dibagian depan yang berfungsi untuk meletakkan berbagai barang pribadi seperti botol minuman, handphone, maupun peralatan lainnya. Selain dibagian depan, motor ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan  di bagian belakang ( bagasi ). Hebatnya, bagasi ini memiliki daya tampung sebesar 11,2 liter yang bisa digunakan untuk menyimpan jaket maupun sarung tangan. Untuk menghentikan laju motor, beat fi ini dibekali dengan rem jenis cakram hidrolik dibagian depan dan rem tromol di bagian belakang.

Honda juga menyertakan berbagai fitur unggulan untuk skuter maticnya ini seperti, Panel indikator yang modern dan juga canggih guna memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan pengendara saat berkendara. indikator tersebut meliputi indikator kecepatan, lampu sein, indikator bensin, lampu jauh, lampu indikator sistem injeksi dan jarak yang ditempuh.

Selain itu ada juga kunci kontak bermagnet ( Secure Key Shutter ) merupakan teknologi kunci dengan menggunakan sistem magnet kuat yang berfungsi agar motor tetap aman dari tindakan pencurian. Ada juga  fitur canggih Brake Lock System ( sistem pengunci rem ) yang berfungsi untuk menjaga motor tidak meloncat kedepan saat mesin motor akan dihidupkan, selain itu juga berfungsi untuk membuat motor bisa berhenti di daerah yang menanjak atau curam.

Yang tak boleh ketinggalan ada juga fitur terkni yang telah banyak digunakan oleh motor-motor matic di indonesia yakni Side Stand Switch ( standar samping otomatis ) yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan, begitu sebaliknya mesin tidak akan bisa dan hanya bisa menyala jika standar samping dinaikkan. Fitur ini tak lain dan tak bukan untuk mengingatkan sekaligus mencegah pengendara yang sering lupa menaikkan standar samping ketika berkendara.

Harga Honda Beat FI
Honda Beat FI
Sumber gambar : www.astra-honda.com/

Honda beat fi ini diluncurkan dalam 3 varian pilihan yakni CBS, CW dan terakhir SW. Dan masing-masing memiliki warna pilihan yang berbeda yakni :
  • CBS  : Electro Red, Funk White, Hard Rock Black, Power Black, Samba Orange, Techno White.
  • CW   : Electro Red, Funk White, Hard Rock Black, Power Black, Samba Orange, & terakhir Techno White.
  • SW   : Electro Red dan Hard Rock Black.
Untuk membuat motor matic ini tampil lebih memikat, pihak honda telah menyediakan berbagai aksesoris dengan warna yang keren buat salah satu motor andalannya ini, diantaranya yakni Air Cleaner Garnish ( penutup pembersih udara ), Rubber Step Floor ( pijakan kaki depan ), Muffler Cover Garnish ( terpasang di bagian knalpot motor ).

Spesifikasi Honda Beat FI:

  1. DIMENSI
  • Panjang  : 1863 mm.
  • Lebar  : 675 mm.
  • Tinggi  : 1072 mm.
  • Jarak terndah ketanah untuk yakni 140 mm.
  • Berat kosong sebesar : 93 kg.
  • Kapasitas dari tangki bahan bakar/bensin  : 3,7 liter.
     2. MESIN
  • memakai mesin berkapasitas 110 cc dengan 4 langkah, teknologi OHC dengan memakai sistem pendinginan berupa udara.
  • sanggup menyemburkan daya maksimum sebesar 6,27 kW (8,52PS) / 8000rpm dan torsi maksimum sebesar 8,68 Nm (0,89kgfm) / 6000rpm.
  • Kapasitas oli mesin adalah 0,7 liter /dalam pergantian periodik.
  • Tipe kopling yang digunakan oleh antara lain tipe otomatis, setrifugal, dan juga tipe kering.
  • Tipe transmisi yang dipakai oleh bersistem otomasis dengan basis V- matic.
  • Dimaeter x langkah : 50 mm x 55 mm.
  • Perbandingan komprehensi mesin : 9,2 : 1.
       3. RANGKA
  • Memasrahkan diri dengan menggunakan rangka kuat tipe tulang punggung. 
  • Suspensi bagian depan dipersenjatai dengan "Teleskopik", sedangkan bagian belakang bersenjatakan dengan suspensi "Lengan Ayun Sobreker Tunggal".
  • Sektor keamanan  mengandalkan rem cakram hidrolik di sektor depan,dan rem tromol untuk keamanan dilini belakang.
  • Ban depan ukuran : 80/90 - 14 M/C 40p, sedangkan Ban belakang memiliki ukuran yang lebih besar yaitu : 90/90 - 14 M/C 46p.
       4. KELISTRIKAN
  • Tipe batteray yang dipilih dan digunakan  adalah MF batterai 12 V - 3 Ah.
  • menggunakan busi yang berjenis NGK CPR9EA - 9 DENSO U27EPR9.
  • Dalam segi pengapiannya sendiri, mengandalkan sistem Full Transisterized dan batterai
Share on Google Plus

About blog

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: