Honda Beat eSP dan POP eSP

Honda Beat eSP dan POP eSP Seakan tak ingin tertinggal dari para kompetitornya yang telah memunculkan motor baru yang bergenre matic ( yakni yamaha dengan mio m3 125 blue core dan suzuki dengan address ), Honda pun secara resmi telah meluncurkan produk terbaru mereka. Tepat pada tanggal 11 desember 2014, pabrikan otomotif asal jepang tersebut merilis motor anyar bergenre matic mereka yang diberi nama Honda Beat eSP. Tidak tanggung-tanggung, motor yang sejatinya merupakan versi terbaru dari motor matic mereka ( Beat ) itupun di hadirkan dengan 2 pilihan varian sekaligus yakni eSP dan POP eSP.

Antara 2 varian tersebut, sebenarnya tidak ada perbedaan yang terlalu siginifkan. Tapi yang paling kentara antara keduanya adalah tampilan & dari konsep desain yang di pakai. Untuk yang eSP lebih menganut desain yang sporty, sedangkan untuk POP eSP lebih mengacu pada konsep desain yang stylist. Dengan menganut gaya sporty, eSP di desain dengan bentuk body yang lebih keren dengan lekukan-lekukan tajam disana-sini.

Dan bahkan uniknya, jika kita perhatikan, si eSP ini malah terlihat hampir mirip dengan matic sebelumnya yakni Beat FI. Sedangkan untuk POP eSP yang menganut gaya stylish, memiliki bentuk body dengan lekukan yang lebih sedikit dan telah mengalami perubahan dibandingkan versi terdahulu dimana letak lampu seinnya tidak lagi menyatu dengan lampu utama, tapi sudah terpisah dan terletak di sisi bawahnya. Selain perbedaan tersebut, tidak ada perbedaan lain baik dari segi teknologi maupun fitur-fiturnya. Lantas apa saja kelebihan dan fitur yang coba ditawarkan oleh motor matic eSP & POP eSP ini?
  •  Teknologi Canggih ESP ( Enhanced Smart Power )
Mengusung nama "eSP" tidak lain karena menganut konsep teknologi yang digunakannya, yakni eSP ( Enhanced Smart Power ). Teknologi tersebut sebenarnya adalah sebuah rangkaian mesin terbaru hasil inovasi dari pihak honda sendiri, yang diklaim mampu untuk menambah efisiensi pembakaran dan juga mampu mereduksi energi yang terbuang dari mesin. Hal tersebut, akan membuat motor yang menggunakannya akan menjadi lebih cepat, irit dan juga ramah lingkungan. Teknologi ini sendiri pun sebenarnya telah lama di perkenalkan dan bahkan telah di aplikasikan pada motor-motor matic honda sebelumnya seperti pada Honda Vario 125, Honda PCX 125 & 150.

Kehandalan teknologi ini pun terbukti, motor matic berkapasitas mesin 110cc, 4-Langkah, SOHC, bersistem pendinginan berupa udara yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 6,38 kW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm dan torsi maksimal mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm ini mampu berakselerasi dengan cukup cepat. Yakni dari jarak 0 - 200 meter hanya membutuhkan waktu 12,6 detik saja. Selain itu kecepatan maksimum dari motor matic ini juga lumayan tinggi yakni 94 km/jam. Ini bahkan lebih cepat jika kita bandingkan dengan honda beat FI yang hanya sanggup pada kecepatan 89 km/jam saja.
  • Teknologi ACG Starter
Sesuai namanya, teknologi ini fokus utamanya adalah dalam segi menghidupkan mesin motor. Teknologi ini mampu mengurangi gesekan yang terjadi pada mesin, sehingga mesin akan menjadi lebih halus saat di nyalakan dan suaranya pun lebih sunyi ( tidak bising ).
  • Teknologi ISS ( Idling Stop System )
Teknologi ISS ini sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Teknologi ini sebenarnya di rancang khusus guna menghemat penggunaan bahan bakar dan juga mengurangi emisi ( gas buang ). ISS ini bisa membuat mesin mati secara otomatis ketika motor dalam keadaan diam dalam waktu beberapa detik, dan mampu membuat mesin menyala kembali hanya dengan menarik handle gas. Manfaat dari teknologi ini pun terbukti dengan membuat  honda esp dan pop esp ini memiliki konsumsi yang irit yakni 63 km/liternya. Dan teknologi ini di rasa sangat membantu bagi para pengendara, apalagi ketika harus menghadapi kemacetan di daerah perkotaan.
  • Teknologi CBS ( Combi Brake System )
Teknologi ini dirancang khusus buat keamanan & juga keselamatan pengendara. Teknologi ini mampu membuat pengereman menjadi lebih optimal dan maksimal dengan cara membuat rem depan dan rem depan bisa terintegrasi dan melakukan pengereman secara bersamaan.
  • Fitur Brake Lock System
Teknologi ini berguna untuk mengunci motor agar tidak meloncat kedepan saat mesin di hidupkan dan juga bisa digunakan ketika hendak berhenti didaerah yang curam / menanjak.
  • Fitur Smart Stand Switch
Seperti motor matic pada umumnya, matic baru honda ini juga dibekali dengan fitur smart stand switch. Fitur ini di rancang khusus untuk membantu pengendara yang sering kelupaan untuk menaikkan standart samping ketika berkendara. fitur ini akan mengunci mesin secara otomatis agar tidak menyala ketika posisi standar samping di bawah dan hanya mesin hanya akan hidup jika standart samping di naikkan.
  • Fitur Magnetic Key Shutter
Kunci dengan pengamat magnet akan mampu mengurangi resiko motor akan di curi ketika di parkirkan / di tinggal.
  •  Kapasitas penyimpanan U-BOX
Matic baru ini di bekali dengan bagasi penyimpanan yang sangat luas hingga 11 liter. Ruangan sebesar itu bisa digunakan untuk menyimpan jaket, sarung tangan bahkan helm full face, jadi pengendara tidak perlu kerepotan membawa barang-barang ketika berkendara dengan motor ini.
Harga Honda Beat eSP
Honda Beat eSP
Sumber Gambar : http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/all-new-honda-beat-esp/#.VNAgIy4nLOI

Harga Honda Beat POP eSP
Honda Beat POP eSP
Sumber Gambar : http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/all-new-honda-beat-pop-esp/#.VNAgIS4nLOI

Kedua motor ini memiliki 3 varian pilihan yakni Cast Wheel ( CW ), CBS dan CBS ISS. Sedangkan untuk warnanya masing- masing adalah
  • eSP          : CW ( Techno White, Funk White, Hard Rock Black ), CBS ( Electro Red, Funk White, Hard Rock Black), CBS ISS ( Electro Red, Funk White, Hard Rock Black, Techno White ).
  • POP eSP : CW ( Harmony White, Tone Black ), CBS ( Groovy Red, Harmony White, Tone Black ) dan CBS ISS ( Groovy Red, Harmony White, Tone Black, Melody Blue ).
Sedangkan mengenai harganya, kedua motor ini terbilang murah dan juga terjangkau mengingat pangsa pasarnya menengah ke bawah. Menariknya,  harga kedua matic ini berbeda tipis, dimana untuk varian eSP lebih mahal ketimbang POP eSP. Perbedaan harga tersebut dipicu lantaran striping dan desain yang digunakan. eSP dengan "Sporty" dan POP eSP dengan "Stylist" nya.

Spesifikasi Honda Beat eSP dan POP eSP:

  1. DIMENSI
  • Panjang motor adalah 1873 mm ( eSP ) & 1867 mm ( POP eSP ).
  • Tingginya yakni 1074 mm.
  • Lebarnya hingga 678 mm.
  • Jarak sumbu roda yang dimilikinya adalah 1256 mm.
  • Jarak terendah hingga ke tanah adalah 140 mm.
  • Berat kosong motor ini yaitu 95 kg ( eSP ) & 94 kg ( POP eSP ).
  • Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai hingga 3,7 liter.
       2. RANGKA
  • Menggunakan jenis rangka tulang punggung atau sering disebut Underbone .
  • Mengunakan suspensi depan yang berjenis teleskopik dan jenis lengan ayun dengan peredam kejut tunggal di bagian belakangnya.
  • Ukuran ban depannya adalah 80/90 - 14 M/C 40P, sedangkan untuk ukuran ban bagian belakang adalah 90/90 - 14 M/C 46P.
  • Rem depan memakai rem cakram hidrolik berpiston tunggal, sedangkan untuk belakang masih mengandalkan rem tipe tromol.
        3. MESIN
  • Mesin kelas 110 cc, 4 langkah, SOHC, eSP Technology yang beristem pendinginan berupa udara.
  • Diameter x langkah mesinnya yakni 50 mm x 55,1 mm.
  • Perbandingan komprehensi rasio mesinnya yaitu 9,5 : 1.
  • Daya maksimum yang bisa dikeluarkanya adalah 6,38 KW ( 8,68 PS ) / 7500 rpm, sedangkan untuk torsi maksimumnya mencapai 9,01 Nm ( 0,92 kgf.m ) / 6500 rpm.
  • Kapasitas minyak pelumas alias oli adalah 0,7 liter saja.
  • Untuk menghidupkan mesin dengan cara electrik starter dan kick starter dengan teknologi ACG Starter.
       4. KELISTRIKAN
  • Batteray  yang di pilih untuk digunakan adalah Batteray 12V-3Ah ( MF ).
  • Busi yang dipakai adalah yang tipe NGK MRC9C-9N / DENSO V27EPR-N9.
  • Pengapiannya telah mengusung teknologi Full Transistorized denga Batterai.

Share on Google Plus

About blog

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment